Jumat, 17 Mei 2013

Perkembangan Komputer

Mulai Dari Yang Simple Sampai yang Kompleks

Teknologi, mungkin teknologi bagi kita sekarang sudah menjadi kebutuhan sekunder di samping kebuthuan-kebutuhan yang lain.. faktor yang mendukung perkembangan teknologi adalah tak lain dan tak bukan adalah keinginan manusia untuk lebih praktis dalam menjalan tugas nya dan perkembangan zaman yang menuntut kita beradpatasi untuk hidup lebih maju dari sebelum nya jika kita ingin sukses.
Sekarang mari kita bahas tentang perjalanan teknologi mulai dari awal hingga teknologi yang kita miliki sekarang.. Cekidott.. :D

Abacus..

Abacus mungkin alat hitung manual sederhana yang pertama, di temukan oleh orang mesir.. dan sudah terbukti kemampuannya sejak 500 tahun yang lalu untuk menghitung bilangan-bilangan sederhana, Seperti penjumlahan, pengurangan, pengalian, dan pembagian, sampai sekarang pun Abacus juga digunakan di sekolah dasar..
tapi, Abacus yang kita kenal sekarang bukan bernama Abacus.. namun sekarang kita mengenal abacus dengan sebutan Simpoa..
mengapa begitu..?
Dulu, (Sebelum kita lahir nih..haha :P) orang Cina yang datang ke mesir dengan tanpa dosa..( -_-") membawa Abacus ke negeri nya sendiri (maling dong.. -,-") nah.. hal itulah yang  membuat nama Abacus sekarang menjadi seperti yang kita kenal sekarang.. Simpoa..
(sejarah yang tidak oatutu di tiru.. maling.. maling.. -,-)

nah yang kedua..
Pascaline..

Alat ini di temukan oleh Blaise Pascal (1623-1662), seorang ahli filosofi dan matematika,.. beliau menemukan alat penghitung mekanik pertama yang berupa mesin yang bernama Pascaline yang menggunakan roda penghitung untuk menjumlahkan bilangan.. Atas penemuannya itu, Pascal di puji-puji oleh orang se-antero Eropa.. namun gawat nya nih ya.. Pascaline tersebut jika rusak HANYA sang empu nya (Blaise P.) yang bisa "mengobati" si Pascaline.. nah makanya itu sob.. para pengusaha mengganggap alat itu terlalu kompleks sehingga tidak terlalu berminat..
apalagi bidang aritmatik pada saat itu sangatlah murah.. jadi yaa.. gak terlalu laku gitu.. soalnya masih lebih mahal tenaga kerja bidang mesin.. tapi, roda penghitung tersebut tetap di gunakan sampai pertengahan tahun 1960. Terus.. alat penghitung mekanik telah dianggap K.U.N.O sejak ditemukannya alat penghitung elektronik.

yang ke-3..
Babbage’s Folly..

Mungkin Charles Babbage (1792-1871) yang telah mempercepat perkembangan komputer sejak 1600-an. beliau memajukan perkomputeran di bidang hardware nih.. dengan cara menemukan difference engine yang memungkinkan perhitungan tabel matematika..
Pada tahun 1834, Saat bermaksud mengembangkan difference engine-nya, Babbage berpikir dan menemukan ide tentang analytical engine. Orang-orang yang skeptik mengatakan penemuannya dengan nama Babbage’s Folly (kebodohan Babbage.. kasihan amat.. T_T). Babbage bekerja dengan mesin penganalisanya hingga meninggal.(dengan kata lain.. Babbage ter-obsesi nih.. Dont Try This At Home..!)
Pemikiran-pemikiran Babbage yang terperinci (hasil penelitiannya) menggambarkan karakteristik dari komputer elektronik modern. Sejak Babbage dilahirkan pada era teknologi elektronik, mesin berhitung elektronik mungkin sudah ditemukan jauh sebelumnya. Ironisnya, para pelopor sebelumnya dalam pengembangan mesin berhitung elektronis tidak sadar akan idenya babbage yang tentang memori, printer, punched-card dan serangkaian program pengontrol (pinter-pinter kolot nih orang-orang nya.. -__-" #uppsss)

The Next Is..
Peralatan Punched-card dan Alat tenun Jacquard

ditemukan tahun 1801 dan si empu nya bernama Joseph-Marie Jacquard (1752-1834). Lubang merupakan inti dari punched-card dan kartu-kartu tersebut menunjukkan desain untuk tenunan.
Babbage memiliki keingin untuk menerapkan konsep punched-card dari alat tenun Jacquard untuk analytical engine-nya. Lalu,pada tahun 1843, Lady Ada Augusta Lovelace mengatakan punched-card tersebut bisa dirancang (diprogram) untuk menginstruksikan mesin analisis milik Babbage untuk mengulang operasi-operasi tertentu. Atas penilaiannya, beberapa orang menganggap Lady Lovelace sebagai programmer pertama (meskipun masih diperdebatkan sih..).

and..
Pemrosesan Data Otomatis..
Komisi The U.S. Bureau, Herman Hollerith seorang ahli statistik menggunakan keahliannya dalam menggunakan punched-card untuk sensus pada tahun 1890. Dengan pemrosesan punched-card dan mesin Hollerith (Hollerith’s punched-card machine), sensus bisa selesai dalam waktu 2,5 tahun. Inilah dimulainya pemrosesan data secara otomatis. Jerih payah Dr. Hollerith membuktikan sekali lagi bahwa “kebutuhan merupakan ibunya penemuan”.(bener kan apa kata saya.. o.O)

And.. that's little 'bit history of computer technology.. dari penemuan-penemuan di atas lah yang membuat komputer ada dan berkembang menjadi seperti sekarang..
ya.. mungkin bagi saya cukup itu saja sih.. udah capek nih tangan nya ngetik mulu..
so.. thanks for read this article.. :D
and wait for my another article.. good byee..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar